Sensor Gambar CMOS

Teknologi Sensor yang Terus-menerus Diperbaiki Canon

Sensor gambar menerima cahaya yang masuk melalui lensa, dan mengubahnya menjadi muatan listrik untuk menghasilkan gambar. Sensor CMOS dicirikan oleh kemudahan relatifnya dalam mencapai jumlah piksel dan sensitivitas yang tinggi. Kamera EOS pertama yang dipasangi sensor CMOS adalah EOS D30 yang dirilis pada tahun 2000, suatu era ketika penggunaan sensor CCD masih merupakan hal yang normal di antara kamera digital. Seraya mengantisipasi potensinya, Canon mengadopsi sensor CMOS terlebih dahulu daripada para pesaingnya, dan telah merupakan yang terdepan dalam industri melalui penekanannya pada pengembangan dan manufaktur in-house, serta tekadnya untuk memperoleh noise rendah dan kualitas gambar yang tinggi. Kini, hampir semua kamera DSLR di dunia menggunakan sensor CMOS.

2 Tipe Ukuran Sensor

Pada jajaran model dengan jumlah piksel sekitar 18 hingga 50,6 megapiksel. Semua kamera EOS DSLR menggunakan sensor CMOS high-resolution (resolusi tinggi) dan high-performance (performa tinggi) untuk memungkinkan ekspresi high-definition (definisi tinggi).

Sensor CMOS Full-Frame

Kira-kira (Horizontal) 36mm x (Vertikal) 24mm

Ukuran sensor yang lebih besar dan jumlah piksel yang lebih besar juga berarti bahwa tiap piksel dapat dengan mudah mengambil lebih banyak cahaya, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengekang terjadinya noise. Hal ini memungkinkan reproduksi gradasi warna yang lebih mulus. Karena depth of field (ketajaman ruang) menjadi semakin dangkal, maka semakin besar ukuran sensor, semakin dapat menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.

Full-Frame: 1D C, 1D X II, 5D IV, 5DS, 5DS R, 6D II, 6D

APS-C Size CMOS Sensor

Kira-kira (Horizontal) 22,3mm x (Vertikal) 14,9mm

Menawarkan keseimbangan yang baik antara biaya dan kualitas gambar. Apabila menggunakan lensa yang sama, sensor ukuran APS-C memiliki efek telefoto, yaitu sekitar 1,6 kali focal length (panjang fokus) sensor full-frame. Lensa ini juga memungkinkan continuous shooting speed (kecepatan pemotretan beruntun) yang lebih cepat.
* Ukuran sensor sedikit bervariasi, tergantung pada modelnya.

APS-C: 7D II, 80D, 77D, 800D, 750D, 700D, 200D, 3000D, 1500D, 1300D, 1200D, M6, M5, M3, M100, M50, M10

Kompatibel Kamera